Jumat, 21 Juni 2013

BAB 9

Merancang Strategi Pemasaran

Strategi pemasaran (marketing strategy) adalah suatu cara yang digunakan untuk memabantu kita membuat dan menjual barang dan njasa yang sesuai dengan kondisi perusahaan dan pasar target atau selera konsumen yang dituju. Banyak sekali strategi yang diperkenalkan dalam teori-teori pemasaran, namun secara umum strategi pemasaran yang biasa dilakukan dan dapat dipilih adalah :
1. Menembus pasar
2. Mengembangkan pasar
3. Mengembangkan produk
4. Melakukan diversivikasi
5. Menerapkan biaya murah
6. Memfokuskan pada pasar
7. Melakukan diferensiasi

Menentukan Alat Pemasaran
Alat pemasaran yang dimaksud disini lebih kita kenal dengan sebutan bauran pemasaran (marketing mix), yaitu gabungan atau penggunaan kombinasi unsur-unsur seperti produk, harga, promosi dan sebagainya yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan komposisi yang ideal, yang sesuai dengan kondisi sasaran pembeli.

Menyusun rencana pemasaran
Rencana pemasaran harus disususn secara sistematis, namun kualitasnya sangat bergantung pada pembuatnya dan tentu akan lebih baik jika melibatkan pihak-pihak yang terkait langsung dengan proses pemasaran. Rencana pemasaran yang disusun tersebut, dapat menuntun pengusaha agar tetap mengarahkan usahanya pada pencapaina tujuan yang telah direncanakan. selain itu dapat membantu mengembangkan, memperbaiki, dan menciptakan ide-ide baru dalam bidang pemasaran, yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan perusahaan dalam jangka panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar