Jumat, 21 Juni 2013

BAB 7

Perencanaan dan Opersionalisasi Usaha

Perencanaan yang baik akan mendorong rasa percaya diri yang tinggi dan rasa optimis untuk sukses dari usaha yang dikelolanya. usaha yang sudah direncanakan dengan baikpun kadang kala mengalami kegagalan. Dengan perencanaan yang baik, kita dapat menjawab, semua pertanyaan yang mungkin timbul dimasa datang.

Perencanaan yang baik untuk sebuah usaha baru perlu dirumuskan, dan untuk itu, cobalah untuk berpikir dengan SMART (specific, measurable,achievable, reality, trackable).

Struktur organisasi hendaknya dapat memberikan fasilitas bagi pengembangan dan pencapaian tujuan jangka panjang dan sekaligus juga efisien dalam dalam opersionalisasi tugas-tugas jangka pendek. Bentuk organisasi, jika mengacu pada banyak literatur akan sangat banyak sekali macam dan jenisnya. sebagai gambaran saja untuk pembahasan ini, bentuk organisasi ada yang membedakan menjadi dua jenis, yaitu unitary (U-from) dan multidivisional(M-from).

Perusahaan harus menentukan tujuan yang hendak dicapai dan pertimbangan lainnya dalam penentuan layout, yaitu :
1. Perusahaan dapat menentukan lokasi yang tepat, baik lokasi pabrik, gudang, kantor pusat, maupun kantor cabang.
2. Mempertimbangkan urutan produksi dari proses bahan baku, setengah jadi, sampai barang jadi.
3. Perusahaan dapat menentukan kapasitas atau metode persediaan yang paling baik untuk dijalankan sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan.

Pilihan layout harus dirancang sedemikian rupa sehingga memudahkan alur kerja, efisiensi dan suasana dinamis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar